Cari Blog Ini

Sabtu, 23 Mei 2009

Wolfsburg raih gelar juara Bundesliga pertama


May 24, 2009 by admin

Wolfsburg rayakan gelar juara Bundesliga (Reuters)

Kesebelasan Wolfsburg menjurai Bundesliga setelah mengandaskan Werder Bremen 5-1 di Volkswagen Arena, Sabtu (23/5). Ini adalah pertama kalinya Wolfsburg menjuarai Bundesliga sejak berdiri pada 1945.

Kepastian gelar ini sangat melegakan mengingat hingga duel terakhir musim ini, Wolfsburg masih terancam tergeser oleh Bayern Muenchen, yang berada di tempat kedua dengan selisih dua angka saja.

Muenchen yang menghadapi Stuttgart sangat bisa finis di urutan terdepan, seandainya Wolfsburg kalah dari Bremen.

Namun, Wolfsburg tak mau kehilangan momen mencatatkan sejarah itu. Dengan semangat tinggi mereka menggedor tim tamu sejak menit awal. Hasilnya, melalui gol Zvjezdan Misimovic pada menit keenam, Wolfsburg mampu unggul lebih dulu saat pertandingan baru berjalan enam menit. Memanfaatkan kekacauan depan gawang, Misimovic melesakkan bola ke sudut kanan atas gawang Tim Wiese.

Unggul satu gol, tekanan Wolfsburg terus mengalir deras. Tanpa sekali pun memberi musuh kesempatan membalas, Wolfsburg berhasil melesakkan gol kedua mereka di menit ke-15. Kali ini, gol dicetak oleh Grafite.

Setelah memanfaatkan umpan silang Christian Gentner, Grafite melepas tembakan dari luar kotak penalti. Bola deras itu akhirnya bersarang di sudut kiri bawah gawang Bremen.

Gol kedua ini ternyata belum memuaskan dahaga kemenangan Wolfsburg. Tanpa ampun, mereka terus mendesak Bremen.

Bremen sebetulnya mampu meredam gempuran lawan. Namun, apa mau dikata. Kerja keras mereka malah runtuh oleh gol bunuh diri Sebastian Prodl di menit ke-26. Skor 3-0 untuk tim asihan Felix Magath.

Di antara keputus-asaan dan menjaga harga diri, Bremen mencoba mengusahakan penyerbuan. Bremen akhirnya berhasil melesakkan bola ke gawang Diego Benaglio pada menit ke-31 melalui Diego.

Setelah menguasai umpan Claudio Pizarro, Diego yang berada di luar kotak penalti, menembakkan bola ke tengah gawang Benaglio. Bola terhenti setelah mendesak jaring di sudut kanan bawah gawang.

Usaha Diego memang sempat membangkitkan semangat Bremen. Memasuki babak kedua, Bremen mulai memainkan penguasaan bola dan mencoba mendikte Wolfsburg. Namun, belum lagi usaha itu membuahkan gol, Grafite kembali berhasil meloloskan bola ke jala Wiese pada menit ke-56.

Dalam sebuah kesempatan tendangan bebas, Zvjezdan Misimovic melambungkan bola kepada Grafite. Tanpa kesulitan, Grafite berhasil menjangkau bola dengan kepalanya dan mengirim bola ke sudut kanan atas gawang Wiese.

Skor 4-1 ternyata belum cukup bagi Wolfsburg. Pada menit ke-74, Edin Dzeko mencetak gol kelima bagi Wolfsburg. Skor 5-1 untuk tuan rumah ini bertahan hingga akhir laga.

Setelah menerima umpan silang Christian Gentner , Dzeko mengempaskan bola dari tengah kotak penalti. Bola melesak ke sudut kanan bawah gawang Bremen.

Dengan hasil ini, Wolfsburg mengakhiri masa penantian 64 tahun untuk mengangkat trofi Bundesliga. Ini adalah trofi kedua Wolfsburg, selain DFB Pokal yang diraih pada 1995 silam.

Susunan pemain:
Wolfsburg: Benaglio, Hasebe (Pekarik 55), Madlung (Simunek 72), Barzagli, Schaefer, Josue, Riether (Schindzielorz 83), Gentner, Misimovic, Grafite, Dzeko

Werder Bremen: Wiese, Fritz, Proedl, Naldo, Pasanen (Boenisch 61), Baumann (Niemeyer 72), Frings, Hunt (Oezil 62), Diego, Pizarro, Almeida

Tidak ada komentar:

Posting Komentar