Cari Blog Ini

Minggu, 17 Mei 2009

Liverpool depak WBA dari Premier League

May 18, 2009 by bola

Jamie Carragher ribut dengan Alvaro Arbeloa (AP)

West Bromwich Albion menjadi tim pertama yang tersingkir dari Liga Primer Inggris musim depan. Kekalahan 0-2 dari Liverpool, Minggu (17/5), membuat "The Baggies" tak mungkin mengejar zona aman.

"The Throstles" sebetulnya bisa mendapat hasil lebih baik karena mereka bermain ngotot di Stadion The Hawthorns.

Sadar bahwa duel ini sangat menentukan nasib mereka, WBA memeragakan permainan cepat sejak menit awal.

Baru lima menit berjalan, Jonathan Greening hampir membuat tuan rumah unggul. Dua kali ia mengetes ketahanan kiper Pepe Reina lewat tendangan jarak dekat dari sisi kiri. Namun, peluang emas itu gagal karena Reina berhasil menahan kedua tendangan tersebut.

Merasa mendapat angin, tim asuhan Tony Mowbray itu terus menyalurkan gelombang serangan. Namun, karena kalah kualitas, upaya itu hanya membuahkan hasil sia-sia. WBA justru melakukan kesalahan yang berakibat gol bagi tim tamu pada menit ke-28.

Gol bermula dari kelengahan Shelton Martis ketika mengontrol bola di sayap kanan pertahanannya sendiri. Steven Gerrard membaca gelagat kesalahan Martis itu dan langsung mencuri si kulit bulat. Dalam sekejap, Gerrard membawanya ke kotak penalti, lalu menaklukkan kiper Dean Kiely.

Gol itu melecut semangat tuan rumah untuk mengejar ketinggalan. Sayangnya, kemampuan mereka masih belum bisa mengatasi kekuatan "The Reds". Sebaliknya, Liverpool juga tidak kurang usaha mendongkel pertahanan lawan. Akan tetapi, upaya-upaya yang dilakukan Fernando Torres juga kandas di tangan lawan. Skor 0-1 tetap bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, WBA semakin memburu kemenangan. Tujuh menit berlalu, tuan rumah kembali mengancam lewat Juan Carlos Menseguez. Reina kembali tampil sebagai pahlawan "The Kop" dengan menyelamatkan gawangnya dari bidikan Menseguez.

Teror ke gawang Reina lagi-lagi muncul pada menit ke-60. Menseguez lepas dari kawalan dan leluasa memberikan bola kepada Marc-Antoine Fortune di depan gawang. Sayangnya, posisi Fortune tidak tepat sehingga gagal menendang si kulit bulat.

Kegagalan itu lagi-lagi dibayar mahal karena Dirk Kuyt membuat tim tamu bertambah unggul pada menit ke-63. Kuyt yang mendapat umpan di dekat lapangan tengah kemudian mengirim tendangan ke dekat tiang kanan dan berbuah gol.

Kemenangan 2-0 membuat Liverpool mulai menemukan permainan terbaiknya dan kali ini giliran menekan lawan. Hanya jeda satu menit, Lucas Leiva seharusnya bisa menambah gol tapi Kiely berhasil menepis tendangannya.

West Brom terus menunjukkan perlawanan dan beberapa kali menciptakan kemelut di kotak penalti "The Kop". Kesempatan mereka lagi-lagi gagal ketika tendangan Luke Moore membentur palang gawang pada menit ke-78.

Tekanan bertubi-tubi itu justru membuat dua bek Liverpool, Jamie Carragher dan Alvaro Arbeloa, bersitegang dan saling dorong sehingga wasit harus mengingatkan keduanya. Namun, sampai akhir pertandingan, Liverpool tetap tidak kebobolan.

Hasil ini tidak menambah nilai WBA di dasar klasemen Liga Inggris. Dengan 31 poin dan satu laga tersisa, WBA tak mungkin mengejar Hull City di urutan ke-17 dengan nilai 35.

Susunan pemain:
West Brom: Kiely; Zuiverloon, Martis (Valero 57), Olsson, Donk; Brunt, Koren, Mulumbu Moore 68), Greening; Menseguez, Fortune.

Liverpool: Reina; Arbeloa, Carragher, Agger, Insua; Mascherano, Lucas, Benayoun (NGog 73), Kuyt, Gerrard; Torres (Babel 68).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar